Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan

Minggu, 14 Juli 2013

Pramuka ideal, yang seperti apa ???

         Bulan ini bulan juni, ahhh..masih sama seperti bulan kemarin hanya berbeda masalah dan tokoh bermasalahnya. awal bulan kemarin aku masih ingat akan cletukan seorang anak yang berkata dengan mantapnya "Pramuka itu ya
harus ini..harus itu gak boleh gini dan gak boleh gitu, kalau gak bisa kayak gini ya bukan pramuka namanya". aku baru tau, kalau untuk menjadi pramuka itu adalah orang yang sudah benar-benar bisa mengamalkan Dasa Dharma, tentu saja saya sendiri belum tentu memilikinya.
setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, dan kita sudah pasti tau karena di racana sendiri ada banyak sekali sifat dan watak yang berbeda bahkan watak yang menjengkelkan atau bahasa kasarnya "Jemotos" lalu apakah orang yang mempunyai sifat buruk ini tidak pantas disebut pramuka?? sedang di luar anggota pramuka banyak sekali orang yang mempunyai watak yang lebih baik, apakah mereka pantas langsung kita stempel "Ohh ituuu baru Pramuka" ?? tentu saja kedua paradigma ini salah ! pada dasarnya anggota pramuka adalah mereka warga negara Indonesia yang secara suka rela mendaftarkan diri sebagai anggota dan sudah dilantik menjadi anggota pramuka, dan tentu saja ada tahapan yang harus dilalui dari proses mendaftar sampai dilantik. jadi tidak semua orang itu anggota pramuka, namun dalam pramuka ada istilah Dasa Darma yang menjadi janji anggota pramuka. mereka yang tidak menjadi anggota pramuka pun pantas disebut memiliki jiwa pramuka ketika apa yang dilakukan itu mencerminkan pengamalan Dasa Dharma.
Pramuka itu harus mengamalkan Dasa Dharma, kalau  tidak berarti bukan pramuka?? tidak juga begitu kawan. lalu siapa yang paling ideal menjadi anggota pramuka itu?? jawabannya ada pada diri kalian sendiri. ketika kita berkaca kepada Mabinas kita, apakah menurut kalian Presiden kita sudah bisa mengamalkan Dasa Dhrama seutuhnya?? tentu saja belum, kita tentu Presiden kita kali ini terkenal paling peragu diantara presiden sebelumnya.. jadi makna "ideal" sebagai anggota gerakan pramuka silahkan dimaknai sendiri. Menurut saya, Pramuka ideal adalah anggota pramuka yang selalu berusaha dengan istiqomah utnuk mengamalkan Dasa Dharma.kalau menurut kalian yang bagaimana??
sudahkah kalian ideal menurut kalian sendiri???
Ayoo sama-sama memperbaiki diri dan saling mengingatkan dalam kebaika.Salam Pramuka !!!!
oleh : Kak Jamal

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa cantumkan Sumber halaman artikel / posting Kami bila ingin Anda bagi pakai secara bebas. Silahkan mengajukan pertanyaan dan masukan anda mengenai artikel pada Blog Racana 217-218 UMPwr, baik pada kolom komentar maupun pada Forum Tanya Jawab.
Utamakan Sopan Santun demi kenyamanan kita bersama.

Sering Dibaca

IP